Langsung ke konten utama

Semarak Festival Dies MaulidiyaAh IQMA XXIV


Sabtu-Minggu (20/4/2013-21/04/2013), keadaan kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya lebih ramai dari biasanya. Nampak beribu-ribu orang mendatangi dan memenuhi area kampus. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur untuk memeriahkan Festival Dies Maulidiyah IQMA (Ikatan Qori-Qoriah Mahasiswa) IAIN Sunan Ampel Surabaya XXIV. Kegiatan berlangsung selama dua hari dengan lima kategori perlombaan. Hari pertama diselenggarakan tiga perlombaaan dan hari kedua dilaksanakan dua perlombaan. Peserta berasal dari, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Madura, Jombang, Mojokerto, Lamongan, Malang, Kediri, Nganjuk, Banyuwangi,  Bojonegoro dan berbagai kota lainnya. Upacara pembukaan Festival Dies Maulidiyah IQMA XXIV dibuka pada pukul 08.00 WIB di Masjid Raya Ulul Albab IAIN Sunan Ampel, dengan diawali oleh penampilan group shalawat banjari dengan menampilkan dua lagu andalan sehingga menciptakan atmosfer perlombaan yang sangat meriah. Ditambah lagi dengan penampilan MC tiga bahasa dan disusul pula dengan penampilan memukau dari tiga qori’ nasional beserta sari tilawah yang membuat suasana menjadi khidmat dan penuh maghfiroh-Nya.

Ketua Umum IQMA saudara Suryadi memberikan sambutan yang pertama dengan menyampaikan pesan kepada seluruh peserta bahwa kalah menang itu merupakan konsekuensi dalam sebuah perlombaan akan tetapi semangat untuk meraih kemenangan haruslah tetap membara. Dan dengan diadakannya festival Dies Maulidiyah IQMA XXIV ini panitia penyelenggara berharap agar kegiatan akbar ini dapat dijadikan sarana untuk mempererat ukhuwah islamiyah diantara semua peserta dan pihak penyelenggara. Sambutan selanjutnya sekaligus membuka kegiatan disampaikan oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Ali Mufrodi MA dengan memaparkan beberapa pesan kepada pengurus dan peserta festival bahwa acara besar yang diselenggarakan oleh IQMA hendaknya dapat pula dijadikan sebagai media untuk mendidik akhlak dengan harapan lebih sering diselenggarakan dengan perbaikan-perbaikan secara kontinyu. Pembukaan Festival ini ditandai dengan pelepasan balon dan bunyi Sirine secara bersamaan di tengah sorak dan tepuk tangan para peserta. Kemudian acara pembukaan tersebut ditutup dengan doa yang dipimpin oleh bapak H. Muhammad Faizal A. rozak, beliau adalah salah satu dewan juri pada MKQ (Musabaqoh Khotil Qur’an) seorang kaligrafer kenamaan di Indonesia. Banyak karya beliau yang telah mewarnai masjid-masjid besar di Indonesia seperti pada Masjid Istiqlal Jakarta dan Masjid Al-Akbar Surabaya.

Perlombaan di mulai tepat pada pukul 09.30 Wib dengan lokasi perlombaan berada di tiga titik strategis, lomba MKQ berada di lantai 2 Masjid Raya Ulul Albab, Lomba MTQ berada di serambi timur Masjid Raya Ulul Albab sedangkan News Reader dan News Reporter Competition berada di gedung pertemuan pasca sarjana IAIN Sunan Ampel  dengan mendatangkan tiga dewan juri Abduh Abbas (manager JTV Surabaya), Nur Cita Qomariah (pemilik Cita Entertainment) serta Yasinta Mifta (Presenter TV 9).

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari dua malam tersebut berlangsung sangat meriah. Dengan banyaknya tenda-tenda bazar dan stand-stand entrepreneur muda IAIN Sunan Ampel yang berjajar memenuhi halaman parkir masjid Raya Ulul Albab yang ramai didatangi para pengunjung.

Minggu (21/03/2013) dilanjutkan dua festival yakni festival Da’i Remaja tingkat Jawa Timur. Peserta kebanyakan berasal dari siswa-siswi SMA/SMK/MAN dan universitas yang tersebar di wilayah Jawa Timur. Tepatnya di serambi timur masjid Raya Ulul Albab para peserta menyampaikan dakwahnya dengan berbagai gaya yang sangat menarik. Di tempat lain, auditorium IAIN Sunan Ampel juga berlangsung festival sholawat banjari yang pesertanya mencapai lebih dari tujuh puluh group dari berbagai daerah di Jawa Timur. Dengan sembilan dewan juri yang sangat capable di bidangnya diharapkan mampu memunculkan group-group banjari yang mampu bersaing di tingkat internasional.  Alhamdulillah pada dini hari acara berakhir. Panitia Dies Maulidiyah IQMA XXIV sangat kompak dan tanggap dalam menjalankan tugas demi kesuksesan acara. Sehingga kendala-kendala menjadi semakin tak berarti dan berakhir dengan senyum yang mengembang meski lelah dan kantuk tak henti menjadi teman. Rangkaian semarak Dies Maulidiyah IQMA belum berakhir pada kegiatan ini. Awal bulan Mei akan diselenggarakan  mega bedah buku karangan salah satu Guru Besar IAIN Sunan Ampel Prof.Dr. Ali Aziz Mag dengan Pembanding Prof.Dr Abdul A’la MA Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya. Jangan lewatkan ya Love IQMA! (Rii).

Oleh Departemen Litbang IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya

Postingan populer dari blog ini

Kalender Kegiatan IQMA

Foto Dies Maulidiyah 2015 Festival Al-Banjari