Langsung ke konten utama

KEUTAMAAN BULAN DZULHIJJAH

 


 

Haloo sahabat IQMA!!!

Tak terasa kita sudah melewati pertengahan bulan Dzulhijjah 1443 H. Semoga kita tetap diberikan kesehatan dan panjang umur oleh Allah Swt.

Bulan Dzulhijah adalah salah satu waktu yang dimuliakan dalam Islam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya:

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi. Di antaranya empat bulan haram.Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menzhalimi dirimu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaummusyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kalian semuanya.Dan ketahuilah bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa.” (Qs. At Taubah: 36)

Dzulhijjah merupakan bulan kedua belas dalam kalender Hijriah, dan merupakan salah satu dari bulan-bulan yang dimuliakan (al-asyhur al-hurum), yaituDzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Dinamakan Asyhur Hurum, karena di permulaan Islam kaum muslimin tidak diperbolehkan melakukan pertempuran dalam bulan-bulan tersebut.

Syekh Abdul Qadir al-Jilany dalam al-Ghuniyah li Thalibi Thariqil Haqq menukil hadits dari Sa’id Al-Khudry, Rasulullah bersabda:

سَيِّدُ الشُّهُوْرِ شَهْرُ رَمَضَانَ وَأَعْظَمُهَا حُرْمَةً ذُو الْحِجَّة

“Penghulu bulan-bulan adalah bulan Ramadhan, sedangkan yang paling utama kemuliannya adalah Dzulhijjah.”

Dari Jabir, tentang kumuliaan 10 hari awal Dzulhijjah Rasulullah juga bersabda:

أَفْضَلُ أَيَّامِ الدُّنْيَا أَيَّامُ عَشْرِ ذِى الْحِجَّةِ

“Hari-hari di dunia yang paling utama adalah hari-hari sepuluh awal bulan dzulhijjah.”

Dzulhijjah bisa bermakna ‘bulan untuk haji’, karena mayoritas amalan ibadah haji dikerjakan pada bulan ini. Misalnya, wuquf di ‘Arafah, Mabit di Muzdalifah maupun Mina, melempar Jumrah, dan lain-lain.

Dzulhijjah merupakan bulan yang menghimpun beberapa ibadah yang tidak ada di bulan lainnya, yaitu ibadah haji, qurban, shalat idhul adhha. Dalam bulan ini kita diingatkan beberapa peristiwa besar, yaitu pengorbanan Nabi Ibrahim ‘alayhis salam, dan putranya, Nabi Ismail ‘alayhis salam, peristiwa haji wada’, dan khotbah yang disampaikan Nabi Muhammad shallaLlahu ‘alayh wasallam.

 

Sumber :

https://www.orami.co.id/magazine/amalan-dan-keutamaan-bulan-dzulhijah

https://tebuireng.online/keutamaan-dan-amaliyah-dzulhijjah/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalender Kegiatan IQMA

 PERISTIWA PENTING DI BULAN DZULQA’DAH                  Beragam peristiwa dan kejadian di bulan Dzulqa’dah sangat penting untuk diketahui umat Islam sebagai refleksi agar bisa berbuat lebih baik, dan tentunya bisa mengetahui sejarah dalam Islam. Dengan mengetahuinya, semangat ibadah dan melakukan kebaikan akan terus bertambah. Berikut peristiwa penting yang terjadi pada bulan Dzulqa’dah:           Pertama, Perang Bani Quraizhah Syekh Shafifurrahman al-Mubarakfuri dalam salah satu kitab sirah-nya mengatakan, bahwa sehari setelah kepulangan Rasulullah di Madinah, tepat pada waktu Zuhur datang malaikat Jibril untuk menemuinya. Kemudian dia berkata, “Sudahkah engkau meletakkan senjatamu? Demi Allah, kami (para malaikat) belum meletakkan senjata. Berangkatlah engkau sekarang bersama sahabat-sahabatmu menuju Bani Quraizhah, saya (Jibril) akan berjalan di depanmu untuk menggoncangkan benteng-benteng mereka dan menebarkan kekuatan di dada mereka.” Mendengar apa yang disampaikan malaikat Jibril

GELAR JAM’IYYATUL KUBRO, DALAM RANGKA PERINGATAN DIES MAULIDIYAH IQMA KE-34 TAHUN

  Surabaya, Jumat (3/3) Ikatan Qori’Qoriah Mahasiswa (IQMA) UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Jam’iyyatul Kubro dalam rangka Dies Maulidiyah IQMA ke-34, yang diselenggarakan di Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya pada tanggal 3 Maret 2023 (11 Sya’ban). Acara ini berlangsung dari pagi hingga malam hari m eliputi :   k hotmil q ur’an, p embukaan r utinitas dan b imsus, j am’iyyatul k ubro, pembacaan sholawat, serta acara inti p emotongan tu mpeng oleh Riad Ahmad Sahul , k etua u mum IQMA 2023 Jam’iyyatul Kubro ini dihadiri sekitar lebih dari 100 jamaah baik dari anggota , alumni, dewan pembinaan IQMA, bahkan jamaah umum . Antusias jamaah sangat tingii , mengingat Jam’iyyatul Kubro ini pertama kali diadakan setelah tahun-tahun sebelumnya terhalang pandemi. Bagi jamaah yang tidak bisa hadir mereka dapat menyaksikan langsung melalui live streaming di Instagra m IQMA dan juga Youtube Gencar Record . Dies Maulidiyah kali ini bertema “Menebar Benih Cinta kepada Al-Qur’an