Langsung ke konten utama

Serba-Serbi Masa Orientasi Calon Anggota IQMA (MOCA) tahun 2021



Acara MOCA (Masa Orientasi Calon Anggota IQMA) 2021 yang berlokasi di Gedung Ar-Ridho, Sidodadi Taman, Sidoarjo merupakan kegiatan awal yang diikuti oleh para mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya ingin mengenal UKM IQMA lebih luas. Acara yang diikuti oleh sekitar 150 an peserta  ini diawali dengan kegiatan Pra Acara yang dimeriahkan oleh grup Al-Banjari IQMA, lalu Opening Ceremony oleh MC Mya Dita dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IQMA yang berlangsung dengan lancar. Selanjutnya, terdapat sambutan dari Ketua panitia saudara Zen Maulana dan Ketua umum IQMA saudara Ali Mursyid Azisi untuk menyambut pembukaan MOCA. 

Dalam acara tersebut juga lebih berkesan dengan adanya sesi perkenalan kepengurusan IQMA baik dari Pengurus Harian (PH), Pengurus departemen, IEC (Iqma Education Center), Litbang (Penelitian dan Pengembangan), DP2K serta dari bidang-bidang yaitu: Tilawah, Sholawat, Dakwah, MC, dan Kaligrafi. Acara MOCA berlangsung selama 2 hari mulai dari hari Sabtu 09 Oktober hingga Minggu 10 Oktober 2021 pasca PPKM, acara ini berlangsung dengan meriah karena terdapat yel-yel antar kelompok sesuai dengan protokol kesehatan.

Selain dari pada itu yang menjadi salah satu acara inti dari kegiatan ini adalah, penyampaian materi. Pada sesi ini yang bertugas untuk menyampaikan adalah para alumni IQMA yang sudah sukses dan berkiprah di masyarakat. Materi yang pertama disampaikan oleh Usth. Hasibatun Nikmah, M.Sos salah seorang Da'iyah Jatim dan juga Pembina Komunitas Ta'aruf Indonesia, menyampaikan bahwa seorang Da'i maupun Da'i yah harus memiliki skill selain daripada dibidang Pidato maupun ceramah, dengan seorang tersebut memiliki multi skill/talen, orang akan lebih mudah tertarik dengannya. 


Di sesi selanjutnya giliran ust. Zulfikar Basyaiban, seorang Qori’ yang sudah menjuarai berbagai even baik regional maupun nasional. Selain dari pada itu beliau juga merupakan ayah dari seorang penyanyi lagu religi yang namanya sudah dikenal luas oleh masyarakat. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan akan pentingnya niat dalam belajar  tilawah Al-Qur'an, karena dengan niat itulah yang akan mempengaruhi terhadap keberkahannya. Dan tak kalah penting beliau juga senantiasa menyampaikan akan pentingnya sanad dalam belajar Al-Qur'an. 

Kemudian di sesi terakhir, giliran Ustdzah Cita Qomariah, M.Kom.I yang merupakan pemilik CITA Entertainment dan juga sekaligus dosen Fakultas Dakwah, Uinsa. Adapun dalam sesi ini beliau menyampaikan akan seluk beluk tentang MC, baik dari intonasi suaranya hingga tantangan dan susah senang menjadi MC.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalender Kegiatan IQMA

Foto Dies Maulidiyah 2015 Festival Al-Banjari