Langsung ke konten utama

IQMA Meriahkan kegiatan PBAK UIN Sunan Ampel Surabaya 2021

 


 



Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya memiliki agenda tahunan yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru terkait seluk-beluk kegiatan akademik dan kemahasiswaan dalam lingkup kampus, fakultas hingga ke program studi. Acara ini dilangsungkan secara virtual selama dua hari pada 2-3 September 2021 dengan  mengusung tema “Moderasi Beragama”.


Acara yang dikenal dengan nama PBAK ini diikuti setidaknya oleh 4.670 Mahasiswa baru tahun 2021. Kegiatan ini dibuka oleh bapak Prof. Masdar Hilmy, P.HD selaku Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya dan dilanjutkan dengan pemaparan dari pihak narasumber. Adapun narasumber yang hadir pada PBAK ini adalah Ibu Hj. Khofifah Indar parawansa, M.S.I.  selaku Gubernur Jawa Timur beserta wakilnya yaitu bapak Emil Elistianto Dardak, P.H.D, H. Yaqut Cholil Qoumas, selaku Menteri Agama RI dan narasumber handal dan hebat lainnya.


Selanjutnya bapak Emil Dardak selaku Wakil Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa sebagai pemuda harus memiliki 3 karakter utama generasi millenial yaitu: Creative (Cenderung berpikir out of the box), Confidence (Percaya diri dalam mengemukakan pendapat), Connected (Pandai menjalin relasi hingga lihai dalam menggunakan jejaring media sosial).


Pesan beliau selanjutnya yaitu, para pemuda harus memiliki peran besar dalam perguruan tinggi terutama pada posisi Mahasiswa, berbagai  era yang harus dihadapi yaitu: Era Disrupsi (terjadinya inovasi dan perubahan dalam skala besar secara fundamental yang mengubah seluruh sistem), Era Globalisasi (terjadinya fenomena hubungan transplantasi dan suprateritorialitas yang semakin bersifat borderless), Era Media Sosial (Adanya media daring yang sangat mudah digunakan satu sama lain dari para pengguna untuk berkomunikasi), Era Gig Economy (berperan sebagai pekerja temporer yang lebih fleksibel dan tidak terikat dengan perusahaan tertentu. 


Kemudian setelah pemaparan dari para pemateri selesai, kini giliran dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada tingkat kampus untuk memaparkan terkait seluk beluk yang ada di UKM tersebut mulai dari teknis penerimaan anggota barunya hingga pengenalan kegiatan dan pembinaannya.


UKM IQMA yang merupakan UKM dengan anggota terbanyak diantara UKM lainnya mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan dan mengenalkan kepada mahasiswa baru  dalam acara PBAK ini. Adapun yang bertugas untuk menjelaskan adalah saudara Ali Mursyid Azisi selaku ketua umum UKM IQMA dan saudari Lailiyah Qotrun Nada selaku sekretaris II di pengurus harian IQMA.


Pada kesempatan tersebut yang bertugas menjelaskan terkait struktur kepengurusan yang ada di IQMA yang terdiri dari pengurus harian, pengurus 5 Bidang (Dakwah, Sholawat, MC, kaligrafi dan Dakwah), dan juga pengurus departemen-departemen yang terdiri dari departemen penelitian dan pengembangan, IQMA education center, serta departemen pembinaan dan pemberdayaan kader. Selain menjelaskan struktur kepengurusan yang bertugas juga menjelaskan akan program unggulan yang menjadi ciri khas dari UKM IQMA sendiri yaitu BIimsus dan Rutinitas, Dzibai’iyah, kunjungan-kunjungan media, penampilan-penampilan karya tahunan dan yang lainnya.


Tidak berhenti disitu di penghujung pengenalan UKM IQMA yang bertugas juga memaparkan terkait kiprah dan prestasi yang didapatkan oleh IQMA diberbagai even tingkat regional maupun nasional. Tentu hal ini merupakan sebuah kesyukuran tersendiri bagi UKM IQMA yang senantiasa istiqomah berprestasi mengharumkan nama kampus tercinta UINSA.

           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalender Kegiatan IQMA

Foto Dies Maulidiyah 2015 Festival Al-Banjari